Belajar ‘bertahan’ hidup dari tukang semir^^

ehmmm…ini pertama kali aku menulis.mungkin kurang menarik,tapi aku coba tulis dengan jelas (mungkin/setidaknya menurutku).dari dulu sebenernya aku suka bgt nulis,tp gak tau gmn caranya nulis yg baik..tapi aku berusaha mencoba n belajar..ciayou..hehehe😀

Ini pengalaman pribadiku,tepatnya 7 tahun yang lalu.saat itu aku baru kelas 3 STM.kebiasaan kami,sepulang sekolah musti nongkrong dulu.kayaknya kurang lengkap kalau pulang sekolah gak kongkow-kongkow dulu sama temen2.nah..kebetulan tongkrongan favorit kami adalah alun-alun MALANG,karena sekolah di kota tersebut.

Pengalaman ini gak akan aku lupain sampai detik ini,bahkan masih menyisakan duka,sesal n positifnya juga menyisakan sebuah SEMANGAT.saat itu seperti biasa,sepulang sekolah aku n temen2 mampir dulu ke alun-alun.udara dingin n mendung tak surutkan langkah kami tuk sekedar bermain n lepaskan kepenatan karena seharian sekolah (waktu itu aku menganggap sekolah melelahkan..hehehe).

Sesampainya di alun-alun..berbarengan hujan turun.wah…apes bangettt😦,aku n temen2 berhamburan cari tempat berteduh.nah,kebetulan banyak banget pohon beringin besar yang bisa melindungi kami dari guyuran ujan.

ditempat kami berteduh ternyata banyak jg orang2 yang menyelamatkan diri supaya tidak kuyup.diantara mereka ada anak kira2 berusia 7thn.dipundaknya yg kurus tertenteng sekotak alat semir,dikantong bajunya yang kumal ada beberapa uang receh ratusan rupiah (n itu bs kulihat karena bajunya basah,menyebabkan kantongnya transparan).

Karena terdorong rasa penasaran,aku bergeser mendekatinya.terjadilah obrolan yang akrab n hangat.namanya Iwan,tebakanku gak meleset tentang umur.ternyata dia mang masih 7thn(wah..aku bakat jadi para normal juga ternyata hahaha..:D).jadi tukang semir adalah pilihan yang mau gak mau dijalaninya.pekerjaan itu dijalaninya selepas pulang sekolah dg resiko kucing2an sm petugas keamanan (satpol pp).karena wilayah alun2 saat itu memang harus bersih (terbebas dr gelandangan,pedagang asong,dll)

Obrolan kami berlanjut seru,yang ku tau dari bocah bernama Iwan tersebut adalah semangat bertahan hidupnya yang tinggi.dia tergolong bocah pintar (itu dapat aku ketahui dari cara bicara n wawasanya).bayangin aja,bocah berusia 7thn dah pintar ngomong tentang arti ‘ketulusan n kejujuran’..hmmm…sangat jarang atau mungkin blm pernah kutemukan lagi diusia sebegitu kecil bicara spt itu.

Tanpa terasa obrolan kami semakin seru…hujan juga turun dg derasnya..tiba2 temenku berteriak…ADA SATPOL PP……!!!!!!sontak aku kaget,begitu juga dengan Iwan.dengan sekuat tenaga,tubuh kecilnya menerobos derasnya hujan..sambil berteriak lantang kepadaku “kak,inilah hidup!hidup harus diperjuangkan walau dinginya beku n mematikan!!”

Dia terus berlari…menyebrangi jalan raya,tanpa mempedulikan kiri kanan.akhirnya…BRAKKKKKKK…ada sebuah taxi menabraknya…,

Tuhan…jantungku berdegup kencang,aku tak peduli lg dengan hujan.kucoba mendekatinya,memastikan bahwa Iwan dalam keadaan baik.setidaknya jgn sampai terluka parah (itu doaku dlm hati,sambil berlari).

Tapi ternyata sia2…kudekati tubuhnya,banyak sekali orang yg mengerumuni,begitu juga satpol pp yg mengejar td.darah mengucur deras dari kepalanya.dan ku dengar bisik2 dari org yg membopong ke ambulans bahwa Iwan sudah menghembuskan nafas yang terakhir…

Ternyata dari bocah sekecil itu,aku bisa tau n belajar ‘bertahan’ hidup disituasi apapun.

DIMANAPUN AKU BISA HIDUP!!

RIP Iwan,

 

 

6 thoughts on “Belajar ‘bertahan’ hidup dari tukang semir^^

  1. agung indra mengatakan:

    hmm…mukin yg di katakan si anak kecil itu ada benarnya…aQ isa merasakan apa yg di alami nya.,kehidupan kadang merasa buas bagi kita.,kadang kita berfikir anak anak yg beruntung makan harta org tua yg udah kaya dari dulu buat berfoya foya..hmm…mukin dgn perjuangan tuk hidup tu kita jd lebih hidup.

  2. riried mengatakan:

    semoga bs ‘bertahan’ hidup disegala keadaan ych bro^^
    SALAM

  3. reifand blues atmosphere mengatakan:

    kotak semir mungil yg sangat dekil..(kata lagu bang iwan fals)….tak ada kehidupan yg smpurna di dunia ini…hanya kita sendiri yg bisa merasakan pahit,getir kehidupan ini….dan ku yakin hanya waktu yg bisa merubah semuanya dg niat,usaha kita pasti semua akan berakhir dg indah….
    JAS MERAH (jangan sampai melupakan sejarah)

  4. awan mengatakan:

    cerita nya mengharukan jg ya,,,semoga Kita bs mengambil Hikmah d balik semua itu,,,ttp Semangatttt,,,Karena Hidup Adalah pilihan,,^_^

Tinggalkan Balasan

