Komunikasi Bisnis 1

  1. Beberapa ketrampilan khusus yang diperlukan dalam Komunikasi Bisnis adalah :
  • Membaca
  • Mendengar
  • Berbicara
  • Wawancara
  • Diskusi dengan kelompok-kelompok kecil
  • Berpidato dan presentasi
  • Menulis surat,laporan dan memo

2.  Komunikasi mempunyai dua peranan penting bagi suatu organisasi yaitu :

  • Komunikasi memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar informasi
  • Komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dalam organisasi yang  terpisah dari anggota organisasi lainnya

3.  Perbedaan antara ‘saluran informasi formal’ dengan ‘saluran informasi informal’ adalah :

  • Saluran Informasi Formal –>
    • Komunikasi Dari Atas Kebawah (downward communications) –> Komunikasi dari atasan kepada bawahan yang merupakan penyampaian pesan dari orang yang dalam hierarki organisasi lebih tinggi pada orang yang menjadi bawahannya.biasanya komunikasi seperti ini bersifat instruksi atau perintah.
    • Komunikasi Dari Bawah Keatas (upward communications) –> Komunikasi dari bawahan kepada atasan.disini orang yang lebih rendah posisinya dalam hierarki organisasi menyampaikan gagasan atau umpan balik kepada atasannya.biasanya berupa usulan,saran atau masukan.
    • Komunikasi Horizontal / komunikasi pada sesame (sideways communications) –> merupakan proses komunikasi yang berlangsung diantara orang yang sama kedudukannya dalam hierarki organisasi,seperti komunikasi diatara para manajer,sesame supervisor atau sesame karyawan.komunikasi seperti ini biasanya berlangsung dalam bentuk koordinasi misalnya antara bagian keuangan dengan bagian SDM.
    • Komunikasi Diagonal / Komunikasi Silang / Komunikasi Multisaluran (multichannel communications) –> merupakan komunikasi yang berlangsung dengan menggunakan berbagai saluran diantara orang dari berbagai jenjang jabatan.komunikasi ini bukan hanya dalam bentuk tertulis seperti nota atau memo,tapi juga menggunakan telpon,video converence,memanfaatkan fasilitas messenger atau SMS.
  • Saluran Informasi Informal –> Dalam jaringan komunikasi informal,orang-orang yang ada dalam suatu organisasi tanpa mempedulikan jenjang hierarki,pangkat dan kedudukan/jabatan dapat berkomunikasi secara luas,meski hal yang diperbincangkan secara umum,seperti mengobrol tentang keluarga,humor ataupun hobby.

2 thoughts on “Komunikasi Bisnis 1

  1. marlene mayuna mengatakan:

    Membantu buat nyelesain tugas.

    Lop u … tengkyuuuu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s